Jenjang
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata
pelajaran : Kimia
Kelas/
semester : XI/ 1
Alokasi
waktu : 2 X 45 menit
A.
Standar
Kompetensi : Menjelaskan Sistem dan Sifat
Koloid serta Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari.
B.
Kompetensi
Dasar : Mengelompokkan Sifat-Sifat
Koloid dan Penerapanya dalam Kehidupan Sehari-hari
C.
Indikator :
I. Aspek Kognitif
a. Proses
1. Mendefinisikan suspense kasar, larutan sejati dan koloid .
b. Produk
1. Mengklasifikasikan suspense kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan
data hasil pengamatan (Efek Tyndall, Homogen Heterogen, dan Penyaringan)
II. Aspek Afektif
1.
Menunjukkan sikap menghargai
pendapat teman lain.
2.
Mengikuti kegiatan pembelajaran
secara aktif dan sungguh-sungguh.
III. Aspek Psikomotor
1. Melakukan
percobaan dengan terampil.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
I. Aspek Kognitif
a. Proses
1. Selama
melakukan percobaan, siswa dapat mendefinisikan
suspense kasar, larutan dan koloid
2. Selama mempelajari materi ini siswa dapat menjelaskan perbedaan suspensi
kasar, larutan sejati dan koloid dalam kehidupan sehari-hari.
b. Produk
Setelah
mempelajari materi ini, mengklasifikasikan suspensi
kasar, larutan dan koloid berdasarkan
data hasil pengamatan (efek Tyndall, homogen heterogen, dan penyaringan).
II.
Aspek Afektif
1.
Selama kegiatan pembelajaran, siswa
mampu menunjukkan sikap menghargai pendapat teman lain baik melalui lisan
maupun tingkh laku.
2.
Selama mengikuti kegiatan
pembelajaran, siswa menunjukkan keaktifan dan kesungguhan.
III. Aspek Psikomotor
1. Siswa mampu
melakukan praktikum dengan benar, setelah mendengarkan intruksi dari guru.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
E.
Media
Pembelajaran
-
LKS
-
Alat-alat Praktikum
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.
Mengucapkan Salam
2.
Guru mengapersepsikan
dengan menampilkan 3 gambar contoh larutan, koloid dan suspensi kasar dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Menarik perhatian dan memotifasi siswa untuk belajar
Kegiatan inti (75 menit)
Fase 1: Pemberian Masalah (Eksplorasi)
1. Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang
akan di pelajari, yaitu tentang apa perbedaan larutan, koloid, dan suspensi
2.
Guru meminta peserta didik
untuk berpikir secara individu untuk menjawab pertanyaan tadi.
3. Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok maksimal 5 menit
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan)
Fase 2: Membuat Hipotesis (Eksplorasi)
1. Siswa berdiskusi dalam menjawab pertanyaan yang telah di ajukan guru tentang
berbagai macam perbedaan larutan, koloid, dan suspensi
kasar yang ditulis pada lembar yang telah
disediakan
2. Siswa membuat hipotesis terhadap masalah yang diberikan
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan)
Fase 3: Percobaan (Eksplorasi)
1. Siswa
melakukan pengujian terhadap hipotesis yang mereka ajukan dengan melakukan
percobaan pengklasifikasian suspense kasar, larutan sejati
dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (Efek Tyndall, Homogen Heterogen,
dan Penyaringan)
2. Siswa
melakukan pengamatan dan mencatat dengan cermat dan teliti hasil observasi
percobaan mereka.
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan)
Fase 4: Mengevaluasi Hipotesis (Elaborasi)
1. Siswa
menganalisis data hasil percobaan, membuat pembahasan atas hasil yang mereka
peroleh dengan membandingkan pada literatur yang ada untuk membuktikan
kebenaran hipotesis yang mereka buat, dan menjawab pertanyaan yang ada di LKS.
2.
Meminta siswa untuk melaporkan hasil
percobaan mereka dengan mempresentasikannya (pada kegiatan ini dibuka forum
tanya jawab terhadap hasil percobaan), kemudian diskusi diarahkan oleh guru agar
siswa mendapatkan konsep-konsep berikut:
a.)
Apabila suatu
zat dicampurkan dengan zat lain, maka akan terjadi penyebaran secara merata
dari suatu zat ke dalam zat lain yang disebut sistem dispersi
b.)
Zat yang didispersikan
disebut fase terdispersi, sedangkan medium yang digunakan untuk mendispersikan
disebut medium pendispersi. Berdasarkan ukuran partikelnya, sistem dispersi
dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu suspensi, koloid,dan larutan
c.)
Suspensi merupakan
sistem dispersi dengan ukuran relatif besar. Pada umumnya suspensi merupakan
campuran heterogen
d.)
Dalam sistem
koloid, zat yang tersebar dalam medium koloid dinamakan fasa terdispersi dan
medium untuk mendispersikan partikel-partikel koloid disebut pendispersi.
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan)
Fase 5: Membuat Keputusan (Konfirmasi)
1. Siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran.
2. Meminta
siswa untuk menyusun laporan tertulis sebagai tugas.
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup (5 menit)
1. Menutup
pelajaran
2.
Memberikan informasi kepada siswa
tentang materi selanjutnya.
G. Sumber Bacaan
1. Buku Paket
Kimia SMA Kelas XI Erlangga.
2. Buku lain
yang relevan.
H.
Penilaian
Rubrik Penilaian Kinerja Praktikum.
LEMBAR KERJA SISWA
Judul : Sistem Koloid
Tujuan :
Untuk mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan dan koloid berdasarkan
data hasil pengamatan (efek Tyndall, homogen heterogen, dan penyaringan).
Alat dan Bahan : 1.
Larutan Garam
2. Santan
Cair
3.
Campuran Minyak dan Air
4.
Saringan corong kaca dan kertas saringan
5. Senter
6. Gelas
Kaca Transparan
Cara Kerja : 1.Letakkan Larutan garam, santan cair, serta
campuran minyak dan air ke dalam gelas transparan.
2.Taruhlah
ke tiga gelas pada ruangan yang gelap.
3.Amati
dengan cara menyorotkan cahaya senter pada masing-masing gelas, diamkan
beberapa menit.
4.Setelah
di diamkan beberapa saat, saringlah ketiga larutan dengan saringan kaca yang telah di lapisi kertas saring,
amati apa yang terjadi.
RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES
PRAKTIKUM PENGAMATAN SISTEM KOLOID
Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Kimia
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Kelas : XI
Tujuan Praktium : Untuk
mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan
(efek Tyndall, homogen heterogen, dan penyaringan).
No.
|
Aspek
Keterampilan yang diamati
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Siswa
mengecek kesesuaian
alat dan bahan yang disiapkan dengan panduan percobaan
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa
melakukan percobaan dengan prosedur yang benar
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa
mencatat dan mengorganisasi data percobaan dengan
tepat dan rapi
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa
menganalisis data percobaan yang di peroleh dan
membuat laporan sederhana hasil percobaan
|
|
|
|
|
|
|
Skor Total
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Berikan tanda check list (√) di dalam kolom skor dengan ketentuan:
4 = sangat tepat = Nilai 100
3 = tepat = Nilai 75
2 = tidak tepat = Nilai 50
1 = sangat tidak tepat = Nilai 25
KRITERIA PENILAIAN
KETRAMPILAN YANG DIAMATI
PADA PRAKTIKUM SISTEM KOLOID
No.
|
Aspek Ketrampilan yang di amati
|
Skor Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Mengecek kesesuaian alat dan
bahan yang disiapkan dengan panduan percobaan.
|
Menyiapkan
3 gelas kaca transparan.
|
Menyiapkan
larutan garam, santan cair serta campuran minyak dan air.
|
Menyiapkan
lampu senter serta saringan dan kertas saringan.
|
Menentukan
ruangan gelap untuk percobaan.
|
2
|
Melakukan percobaan dengan prosedur
yang benar.
|
Memasukkan
masing-masing sampel kedalam gelas dengan volume yang sama.
|
Menempelkan
label pada masing-masing gelas.
|
Menyorotkan
lampu senter tepat di tengah-tengah gelas kaca.
|
Menyaring
masing-masing larutan pada saringan yang telah di lapisi kertas saring.
|
3
|
Mencatat dan mengorganisasi data percobaan dengan tepat
dan rapi.
|
Membuat
catatan dan tabel pengamatan.
|
Mencatat
data pengamatan tepat setelah penyorotan lampu senter.
|
Mengamati
dan mencatat perubahan masing-masing sampel ketika di diamkan.
|
Mengamati
dan mencatat ada atau tidaknya sisa endapan pada kertas saring setelah
penyaringan sampel.
|
4
|
Menganalisis data percobaan yang di peroleh dan membuat laporan sederhana hasil
percobaan.
|
Membuat
Kesimpulan hanya sebatas data pengamatan.
|
Membuat
kesimpulan pengamatan perbedaan sampel pada saat sebelum penyaringan.
|
Membuat
kesimpulan perbedaan sampel pada saat sebelum penyaringan hingga setelah penyaringan.
|
Membuat
kesimpulan bagaimana perbedaan sampel secara lengkap dan sistematis mulai
dari sebelum penyaringan hingga setelah penyaringan
|
like..
BalasHapusterima kasih
BalasHapus