Jumat, 23 November 2012

RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES


Jenjang Pendidikan     : Sekolah Menengah Atas
Mata pelajaran             : Kimia
Kelas/ semester              : XI/ 1
Alokasi waktu               : 2 X 45 menit


A.  Standar Kompetensi     : Menjelaskan Sistem dan Sifat Koloid serta Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari.
B.  Kompetensi Dasar         : Mengelompokkan Sifat-Sifat Koloid dan Penerapanya dalam Kehidupan Sehari-hari
C.  Indikator :
     I. Aspek Kognitif
    a. Proses
1.      Mendefinisikan suspense kasar, larutan sejati dan koloid .
    b. Produk
1.      Mengklasifikasikan suspense kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (Efek Tyndall, Homogen Heterogen, dan Penyaringan)
     II. Aspek Afektif
1.      Menunjukkan sikap menghargai pendapat teman lain.
2.      Mengikuti kegiatan pembelajaran secara aktif dan sungguh-sungguh.
     III. Aspek Psikomotor
1.      Melakukan percobaan dengan terampil.


D.  Tujuan Pembelajaran   :
     I. Aspek Kognitif
    a. Proses
1.      Selama melakukan percobaan, siswa dapat mendefinisikan suspense kasar, larutan dan koloid
2.      Selama mempelajari materi ini siswa dapat menjelaskan perbedaan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid dalam kehidupan sehari-hari.

    b. Produk
Setelah mempelajari materi ini,  mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan dan koloid  berdasarkan data hasil pengamatan (efek Tyndall, homogen heterogen, dan penyaringan).

     II.  Aspek Afektif
1.      Selama kegiatan pembelajaran, siswa mampu menunjukkan sikap menghargai pendapat teman lain baik melalui lisan maupun tingkh laku.
2.      Selama mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa menunjukkan keaktifan dan kesungguhan.
     III. Aspek Psikomotor
1.      Siswa mampu melakukan praktikum dengan benar, setelah mendengarkan intruksi dari guru.
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.


E.  Media Pembelajaran
-        LKS
-        Alat-alat Praktikum
F.   Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.      Mengucapkan Salam
2.      Guru mengapersepsikan dengan menampilkan 3 gambar contoh larutan, koloid dan suspensi kasar dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Menarik perhatian dan memotifasi siswa untuk belajar




Kegiatan inti (75 menit)
Fase 1: Pemberian Masalah (Eksplorasi)
1.      Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang akan di pelajari, yaitu tentang apa perbedaan larutan, koloid, dan suspensi
2.      Guru meminta peserta didik untuk berpikir secara individu untuk menjawab pertanyaan tadi.
3.      Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok maksimal 5 menit

(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)

Fase 2: Membuat Hipotesis (Eksplorasi)
1.      Siswa berdiskusi dalam menjawab pertanyaan yang telah di ajukan guru tentang berbagai macam perbedaan larutan, koloid, dan suspensi kasar yang ditulis pada lembar yang telah disediakan
2.      Siswa membuat hipotesis terhadap masalah yang diberikan
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)

Fase 3: Percobaan (Eksplorasi)
1.      Siswa melakukan pengujian terhadap hipotesis yang mereka ajukan dengan melakukan percobaan pengklasifikasian suspense kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (Efek Tyndall, Homogen Heterogen, dan Penyaringan)
2.      Siswa melakukan pengamatan dan mencatat dengan cermat dan teliti hasil observasi percobaan mereka.
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)

Fase 4: Mengevaluasi Hipotesis (Elaborasi)
1.      Siswa menganalisis data hasil percobaan, membuat pembahasan atas hasil yang mereka peroleh dengan membandingkan pada literatur yang ada untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang mereka buat, dan menjawab pertanyaan yang ada di LKS.
2.      Meminta siswa untuk melaporkan hasil percobaan mereka dengan mempresentasikannya (pada kegiatan ini dibuka forum tanya jawab terhadap hasil percobaan), kemudian diskusi diarahkan oleh guru agar siswa mendapatkan konsep-konsep berikut:
a.)    Apabila suatu zat dicampurkan dengan zat lain, maka akan terjadi penyebaran secara merata dari suatu zat ke dalam zat lain yang disebut sistem dispersi
b.)    Zat yang didispersikan disebut fase terdispersi, sedangkan medium yang digunakan untuk mendispersikan disebut medium pendispersi. Berdasarkan ukuran partikelnya, sistem dispersi dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu suspensi, koloid,dan larutan
c.)     Suspensi merupakan sistem dispersi dengan ukuran relatif besar. Pada umumnya suspensi merupakan campuran heterogen
d.)   Dalam sistem koloid, zat yang tersebar dalam medium koloid dinamakan fasa terdispersi dan medium untuk mendispersikan partikel-partikel koloid disebut pendispersi.
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)

Fase 5: Membuat Keputusan (Konfirmasi)
1.      Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.      Meminta siswa untuk menyusun laporan tertulis sebagai tugas.
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)



Kegiatan Penutup (5 menit)
1.      Menutup pelajaran
2.      Memberikan informasi kepada siswa tentang materi selanjutnya.

G. Sumber Bacaan
1.      Buku Paket Kimia SMA Kelas XI Erlangga.
2.      Buku lain yang relevan.

H.    Penilaian
Rubrik Penilaian Kinerja Praktikum.
LEMBAR KERJA SISWA

Judul                           :    Sistem Koloid
Tujuan                         : Untuk mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan dan koloid  berdasarkan data hasil pengamatan (efek Tyndall, homogen heterogen, dan penyaringan).

Alat dan Bahan         :   1. Larutan Garam
                            2. Santan Cair
                            3. Campuran Minyak dan Air
                            4. Saringan corong kaca dan kertas saringan
                            5. Senter
                            6. Gelas Kaca Transparan

Cara Kerja                :   1.Letakkan Larutan garam, santan cair, serta campuran minyak dan air ke dalam gelas transparan.
                                       2.Taruhlah ke tiga gelas pada ruangan yang gelap.
                                       3.Amati dengan cara menyorotkan cahaya senter pada masing-masing gelas, diamkan beberapa menit.
                                       4.Setelah di diamkan beberapa saat, saringlah ketiga larutan dengan saringan  kaca yang telah di lapisi kertas saring, amati apa yang terjadi.












RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES
PRAKTIKUM PENGAMATAN SISTEM KOLOID

Nama Siswa               :
Mata Pelajaran           : Kimia
Alokasi Waktu           : 2 X 45 menit
Kelas                          : XI
Tujuan Praktium        : Untuk mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan dan koloid  berdasarkan data hasil pengamatan (efek Tyndall, homogen heterogen, dan penyaringan).

No.
Aspek  Keterampilan yang diamati
Skor

Nilai
1
2
3
4
1
Siswa mengecek kesesuaian  alat dan bahan yang disiapkan dengan panduan percobaan





2
Siswa melakukan percobaan dengan prosedur yang benar





3
Siswa mencatat dan mengorganisasi data percobaan dengan tepat dan rapi





4
Siswa menganalisis data percobaan yang di peroleh dan membuat laporan sederhana hasil percobaan






Skor Total






Catatan :
Berikan tanda check list () di dalam kolom skor dengan ketentuan:
4 = sangat tepat           = Nilai 100
3 = tepat                      = Nilai 75
2 = tidak tepat             = Nilai 50
1 = sangat tidak tepat = Nilai 25







KRITERIA PENILAIAN KETRAMPILAN YANG DIAMATI
PADA PRAKTIKUM SISTEM KOLOID


No.
Aspek Ketrampilan yang di amati
Skor Penilaian
1
2
3
4
1
Mengecek kesesuaian  alat dan bahan yang disiapkan dengan panduan percobaan.
Menyiapkan 3 gelas kaca transparan.
Menyiapkan larutan garam, santan cair serta campuran minyak dan air.
Menyiapkan lampu senter serta saringan dan kertas saringan.
Menentukan ruangan gelap untuk percobaan.
2
Melakukan percobaan dengan prosedur yang benar.
Memasukkan masing-masing sampel kedalam gelas dengan volume yang sama.
Menempelkan label pada masing-masing gelas.
Menyorotkan lampu senter tepat di tengah-tengah gelas kaca.
Menyaring masing-masing larutan pada saringan yang telah di lapisi kertas saring.
3
Mencatat dan mengorganisasi data percobaan dengan tepat dan rapi.
Membuat catatan dan tabel pengamatan.
Mencatat data pengamatan tepat setelah penyorotan lampu senter.
Mengamati dan mencatat perubahan masing-masing sampel ketika di diamkan.
Mengamati dan mencatat ada atau tidaknya sisa endapan pada kertas saring setelah penyaringan sampel.
4
Menganalisis data percobaan yang di peroleh dan membuat laporan sederhana hasil percobaan.
Membuat Kesimpulan hanya sebatas data pengamatan.
Membuat kesimpulan pengamatan perbedaan sampel pada saat sebelum penyaringan.
Membuat kesimpulan perbedaan sampel pada saat sebelum penyaringan hingga setelah penyaringan.
Membuat kesimpulan bagaimana perbedaan sampel secara lengkap dan sistematis mulai dari sebelum penyaringan hingga setelah penyaringan

2 komentar: