RUBRIK PENILAIAN KINERJA
Mata Pejajaran :
KIMIA
Kelas / Semester :
X/ II
Standar Kompetensi :
Memahami sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi
oksidasi reduksi
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan.
Indikator :
1. Mengidentifikasi sifat-sifat larutan
elektrolit dan non elektrolit
melalui
percobaan.
2. Mengelompokkan larutan kedalam larutan larutan elektrolit dan non
elektrolit
3. Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus
listrik
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat
larutan elektrolit dan non elektrolit
melalui
percobaan.
2. Siswa dapat mengelompokkan larutan kedalam larutan larutan elektrolit
dan non elektrolit.
3. Siswa dapat menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit
menghantarkan arus listrik.
LAPORAN
PRAKTIKUM
Judul
Praktikum : Menguji larutan elektrolit dan non elektolit
Tujuan praktikum : Mengamati ada tidaknya gejala yang timbul pada larutan elektrolit dan non elektrolit
Alat dan
bahan :1. Batu Baterai 4.
Elektroda Karbon
2. Kabel
Penghubung 5.
Larutan yang di uji
3. Bola
Lampu 6.
Gelas kimia
Cara Kerja :
1. Rangkailah alat penguji elektrolit sehingga dapat
berfungsi dengan baik
2.
Masukkan kira-kira 50 ml air kran ke
dalam gelas kimia dan uji daya hantar listriknya. Catat apakah lampu menyala
atau timbul pada elektroda.
3.
Bersihkan elektroda pada air dan
keringkan, kemudian dengan cara yang sama uji daya hantar listrik larutan di
bawah ini. Catatlah pada tabel pengamatan!
TABEL
PENGAMATAN
Bahan yang di uji
|
Lampu
Menyala/Lampu tidak Menyala
|
Ada/Tidaknya
Gelembung Gas
|
Jenis
Elektrolit
|
Air Suling
|
|
|
|
Air Ledeng
|
|
|
|
Larutan
Asam Klorida (HCl)
|
|
|
|
Larutan
Asam Cuka (CH3COOH)
|
|
|
|
Larutan
Amonia (NH3)
|
|
|
|
Larutan
Gula (C12H22O11)
|
|
|
|
Larutan
Garam (NaCl)
|
|
|
|
Alkohol (C2H5OH)
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN KINERJA
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor Kelompok
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||
1
|
Persiapan
Bagaimana kesesuaian alat dan bahan siswa untuk melakukan percobaan
|
|
|
|
|
|
2
|
Kegiatan Percobaan
Bagaimana ketepatan dan ketelitian siswa dalam melakukan percobaan dan
pengamatan
|
|
|
|
|
|
3
|
Kegiatan Akhir
Bagaimana hasil percobaan dan pengamatan yang di telah di lakukan
siswa
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
SKOR MAKSIMUM
|
|
|
|
|
|
|
NILAI
|
|
|
|
|
|
Catatan :
a. Skor Kelompok diisi
dengan angka sesuai dengan criteria berikut :
1 = Kurang
2 = Baik
3
= Sangat Baik
b.
Nilai
Kelompok di dapat dari perhitungan berikut :
x 100
KRITERIA
RUBRIK PENILAIAN KINERJA
Kriteria
|
Sangat Baik
( 3 )
|
Baik
( 2 )
|
Kurang
( 1 )
|
1.
Persiapan
Bagaimana
kesesuaian alat dan bahan siswa untuk melakukan percobaan
|
1. Membaca panduan percobaan
2. Mengecek kelengkapan alat dan bahan
3. Mengecek kebersihan dan kelayakan alat dan bahan
|
1. Membaca panduan percobaan
2. Mengecek kelengkapan alat dan bahan
3. Kurang mengecek kebersihan dan kelayakan alat dan bahan
|
1. Tidak membaca panduan percobaan
2. Tidak mengecek kelengkapan alat dan bahan
3. Tidak mengecek kebersihan dan kelayakan alat dan bahan
|
2.
Kegiatan
Percobaan
Bagaimana
ketepatan dan ketelitian siswa dalam melakukan percobaan dan pengamatan
|
1. Kesesuaian merangkai rangkaian elektrolit
2. Ketelitian membersihkan elektroda karbon serta ketepatan memegang dan
mencelupkan elektroda karbon ke dalam larutan
3. Ketepatan pengamatan ketika terjadi perubahan
|
1. Kesesuaian merangkai rangkaian elektrolit
2. Kurang ketelitian membersihkan elektroda karbon serta ketepatan
memegang dan mencelupkan elektroda karbon ke dalam larutan
3. Ketepatan pengamatan ketika terjadi perubahan
|
1. Kurang sesuai merangkai rangkaian elektrolit
2. Tudak teliti membersihkan elektroda karbon serta ketepatan memegang
dan mencelupkan elektroda karbon ke dalam larutan
3. Tidak tepat dalam pengamatan ketika terjadi perubahan
|
3.
Kegiatan
Akhir
Bagaimana
hasil percobaan dan pengamatan yang di telah di lakukan siswa
|
1. Mengecek kembali hasil-hasil percobaan
2. Membersihkan alat,bahan,serta rangkaian dan menempatkan pada tempatnya
3. Menganalisis data percobaan yang telah di peroleh dan membuat laporan
sederhana hasil percobaan
|
1. Tidak mengecek kembali hasil-hasil percobaan
2. Membersihkan alat,bahan,serta rangkaian dan menempatkan pada tempatnya
3. Kurang menganalisis data percobaan yang telah di peroleh dan membuat
laporan sederhana hasil percobaan
|
1. Tidal mengecek kembali hasil-hasil percobaan
2. Membersihkan alat,bahan,serta rangkaian dan menempatkan pada tempatnya
3. Tidak menganalisis data percobaan yang telah di peroleh dan membuat
laporan sederhana hasil percobaan
|
untuk jelasnya bisa didownload di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar