Jumat, 16 November 2012

TUGAS RUBRIK PENILAIAN KINERJA


RUBRIK PENILAIAN KINERJA


Mata Pejajaran                         : KIMIA
Kelas / Semester          : X/ II
Standar Kompetensi     : Memahami sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi oksidasi reduksi
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit  berdasarkan data  percobaan.
Indikator                      : 1. Mengidentifikasi sifat-sifat  larutan elektrolit dan non elektrolit
melalui percobaan.
2. Mengelompokkan larutan kedalam larutan larutan elektrolit dan non elektrolit
3. Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
Tujuan Pembelajaran   : 1. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat  larutan elektrolit dan non elektrolit
melalui percobaan.
2. Siswa dapat mengelompokkan larutan kedalam larutan larutan elektrolit dan non elektrolit.
3. Siswa dapat menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.

LAPORAN PRAKTIKUM
Judul Praktikum           : Menguji larutan elektrolit dan non elektolit
Tujuan praktikum        : Mengamati ada tidaknya gejala yang timbul pada larutan elektrolit dan    non elektrolit
Alat dan bahan              :1. Batu Baterai                                              4. Elektroda Karbon
2. Kabel Penghubung                                                5. Larutan yang di uji
3. Bola Lampu                                              6. Gelas kimia
Cara Kerja     :
1.      Rangkailah alat penguji elektrolit sehingga dapat berfungsi dengan baik
2.      Masukkan kira-kira 50 ml air kran ke dalam gelas kimia dan uji daya hantar listriknya. Catat apakah lampu menyala atau timbul pada elektroda.
3.      Bersihkan elektroda pada air dan keringkan, kemudian dengan cara yang sama uji daya hantar listrik larutan di bawah ini. Catatlah pada tabel pengamatan!

TABEL PENGAMATAN


Bahan yang di uji
Lampu Menyala/Lampu tidak Menyala

Ada/Tidaknya Gelembung Gas


Jenis Elektrolit
Air Suling



Air Ledeng



Larutan Asam Klorida (HCl)



Larutan Asam Cuka (CH3COOH)



Larutan Amonia (NH3)



Larutan Gula (C12H22O11)



Larutan Garam (NaCl)



Alkohol (C2H5OH)





RUBRIK PENILAIAN KINERJA

No

Aspek yang diamati
Skor Kelompok
A
B
C
D
E
1
Persiapan
Bagaimana kesesuaian alat dan bahan siswa untuk melakukan percobaan





2
Kegiatan Percobaan
Bagaimana ketepatan dan ketelitian siswa dalam melakukan percobaan dan pengamatan





3
Kegiatan Akhir
Bagaimana hasil percobaan dan pengamatan yang di telah di lakukan siswa





JUMLAH SKOR





SKOR MAKSIMUM





NILAI






Catatan :
a.       Skor Kelompok diisi dengan angka sesuai dengan criteria berikut :
1 = Kurang                               
2 = Baik
3 = Sangat Baik
b.      Nilai Kelompok di dapat dari perhitungan berikut :

                   x 100



KRITERIA RUBRIK PENILAIAN KINERJA

Kriteria
Sangat Baik
( 3 )
Baik
( 2 )
Kurang
( 1 )
1.   Persiapan
Bagaimana kesesuaian alat dan bahan siswa untuk melakukan percobaan
1.   Membaca panduan percobaan
2.   Mengecek kelengkapan alat dan bahan
3.   Mengecek kebersihan dan kelayakan alat dan bahan
1.  Membaca panduan percobaan
2.  Mengecek kelengkapan alat dan bahan
3.  Kurang mengecek kebersihan dan kelayakan alat dan bahan
1.   Tidak membaca panduan percobaan
2.   Tidak mengecek kelengkapan alat dan bahan
3.   Tidak mengecek kebersihan dan kelayakan alat dan bahan

2.   Kegiatan Percobaan
Bagaimana ketepatan dan ketelitian siswa dalam melakukan percobaan dan pengamatan
1.   Kesesuaian merangkai rangkaian elektrolit
2.   Ketelitian membersihkan elektroda karbon serta ketepatan memegang dan mencelupkan elektroda karbon ke dalam larutan
3.   Ketepatan pengamatan ketika terjadi perubahan

1.   Kesesuaian merangkai rangkaian elektrolit
2.   Kurang ketelitian membersihkan elektroda karbon serta ketepatan memegang dan mencelupkan elektroda karbon ke dalam larutan
3.   Ketepatan pengamatan ketika terjadi perubahan
1. Kurang sesuai merangkai rangkaian elektrolit
2.   Tudak teliti membersihkan elektroda karbon serta ketepatan memegang dan mencelupkan elektroda karbon ke dalam larutan
3.   Tidak tepat dalam pengamatan ketika terjadi perubahan
3.   Kegiatan Akhir
Bagaimana hasil percobaan dan pengamatan yang di telah di lakukan siswa
1.   Mengecek kembali hasil-hasil percobaan
2.   Membersihkan alat,bahan,serta rangkaian  dan menempatkan pada tempatnya
3.   Menganalisis data percobaan yang telah di peroleh dan membuat laporan sederhana hasil percobaan

1.   Tidak mengecek kembali hasil-hasil percobaan
2.   Membersihkan alat,bahan,serta rangkaian  dan menempatkan pada tempatnya
3.   Kurang menganalisis data percobaan yang telah di peroleh dan membuat laporan sederhana hasil percobaan

1.   Tidal mengecek kembali hasil-hasil percobaan
2.  Membersihkan alat,bahan,serta rangkaian  dan menempatkan pada tempatnya
3.   Tidak menganalisis data percobaan yang telah di peroleh dan membuat laporan sederhana hasil percobaan


untuk jelasnya bisa didownload di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar